• Total Pengunjung: 692843
  • Senin, 09 Desember 2019
  • Kantor Pusat Tebing Tinggi
  • Kolam Renang Tebing Tinggi
  • Team Pemko Tinggi
  • Layanan Jalin KPU/USO Tebing Tinggi

SAMPAH HARUS DIPILAH, PISAH DAN OLAH

Kategori: Info Publik

Tanggal: 22-02-2018

SAMPAH HARUS DIPILAH, PISAH DAN OLAH
SAMPAH HARUS DIPILAH, PISAH DAN OLAH

Sampah dapat menjadi beban bagi masyarakat jika tidak dikelola dengan baik, daerah harus mengelolanya secara benar dan serius. Sampah jangan dianggap sebelah mata dan tidak boleh dianggap enteng. Hal ini disampaikan Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM. dalam acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 dan program Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) di Tempat Pembungan Sampah Terpadu (TPST) Jl. Baja Kecamatan Padang Hilir hari Rabu 21 Februari 2018.

Kegiatan HPSN dan TBBS ini erat kaitannya dengan penilaian Adipura yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat setiap tahunnya. Selama tiga bulan ini berbagai kegiatan kebersihan harus dilakukan karena spesifikasi penilaian yang semakin ketat dan selektif setiap tahunnya. 

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa masyarakat bisa menambah penghasilan rumah tangga dengan cara mengelola dan mendaur ulang sampah. Oleh karena itu Bank Sampah dan Warung Daur Ulang harus lebih berperan aktif dalam meningkatkan kreatifitas agar nilai jual sampah yang diolah menjadi jauh lebih tinggi. Untuk itu mulai saat ini kita harus merubah pemikiran kita tentang sampah, bahwa sampah bukan beban melainkan sesuatu yang bisa diolah dan menghasilkan. Hal ini bisa dimulai dari rumah tangga sendiri. Sampah tidak lagi dibuang tapi harus dipilah, pisah dan olah.

Saat ini di Kota Tebing Tinggi sendiri menghasilkan sekitar 120 ton sampah per harinya. Sementara yang baru bisa diolah hanya sekitar 18-20 ton sampah per harinya (15%), dan sisanya diangkut ke TPST yang tentunya memerlukan biaya yang besar. Untuk itu kedepannya pemrosesan sampah tahap awal dilakukan di rumah tangga masing-masing. Contohnya di Pulau Jawa banyak rumah tangga yang biaya listrik dan airnya diperoleh dari hasil mendaur ulang sampah.

Kegiatan HPSN ini diisi dengan penanaman berbagai jenis pohon dan gotong royong disepanjang Jln. Baja yang diikuti dari berbagai instansi dan kelompok-kelompok pecinta lingkungan dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kota Tebing Tinggi. 



Diskominfo Tebing Tinggi - COD


::25-02-2018

WALIKOTA PIMPIN GOTONG ROYONG DI SUNGAI BAHILANG

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dan Tiga Bulan Buang  ...Selengkapnya »

::22-02-2018

SAMPAH HARUS DIPILAH, PISAH DAN OLAH

Sampah dapat menjadi beban bagi masyarakat jika tida ...Selengkapnya »

::20-02-2018

KENALI HUKUM DENGAN BAIK

Pada upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) di lapangan Merdeka hari Senin tanggal 19 F ...Selengkapnya »

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA TEBING TINGGI. All Right Reserved 2013
Jl. T. Imam Bonjol No. 1A
Tebing Tinggi 20623
Telepon (0621) 21272, Fax (0621) 21273
email     : diskominfo@tebingtinggikota.go.id
website: www.tebingtinggikota.go.id

Follow Us: